- See more at: http://bumi-informasi.blogspot.com/2013/01/cara-membuat-read-more-pada-blog.html#sthash.BL7PBig5.dpuf

Rabu, 20 November 2013

Tes Tahap I AFS/YES PROGRAM BINA ANTAR BUDAYA

wooy :D apa kabar ?sehat ?alhamdulillah  
udah pada tau program AFS/YES belum ?
itu yang bekerjasama semua negara dibelahan dunia,jadi kita dapat memilih satu negara yang kita inginkan,disana kita bukanya belanja belanja -_- ya ada begituanya tp kalau dibolehin sama ortu angkat ,wkwk
disana kita akan memperkenalkan budaya indonesia dan menjelaskan terhadap penyelewengan di mata negara barat bahwa Islam itu tidak baik.nah tujuan kita itu meluruskan :)
kita diberi waktu 1tahun disana untuk mencari pengalaman sebanyak banyaknya #keliatanya seru


Disini aku akan share sedikit tentang pengalamanku tes AFS/YES...
Hari itu dikelas pada ramai,dan tak lama kemudian dateng seorang kakak yang lagi bawa tas sama laptop menuju ke kelas. Kakak siapa namanya lupa,kalau gak salah kak heni. Kak heni duduk di mja guru dan basa-basi sebentar sama kita. Kak heni mau presentasi dan nyebut kata "Pertukaran Pelajar" langsung aku fokus ke kak heni,karena dari dulu aku paling antusias sama yang beginian :D. Setelah kak heni presentasi aku pikir pikir terlebih dahulu karena ini jangka waktu satu tahun dan kita kembali ke indo mengulangi/ kembali ke kelas 3 :|. Kak heni keluar kelas,aku segera mengejar kak heni dan meminta contact person yang bisa dihubungi.

Beberapa hari aku berpikir dan akhirnya aku memutuskan untuk mendaftar tapi hanya untuk mencari pengalaman,gak lebih. Aku membeli pin dan daftar online sendiri. Aku mengirimkan form lewat jasa travel dan hari itu juga adalah hari terakhir,Jam 20.30-an pihak chapter malang telpon dan bilang kalau form ku blm sampai ke tujuan padahal jam  20.00 sudah ditutup. Aku menghubungi pihak travel dan bilang kalau sudah ditunggu oleh pihak panitia,akhirnya aku diberi kelonggaran sehingga kakak panitia menunggu hingga form ku sampai,baik bener kak.makasih :)

Persiapan aku rela muter muter nyari buku 'Pengetahuan Umum' dan di kediri tak ada satupun buku itu,karena aku browsing itu soalnya tentang pengetahuan umum. Jadi pakai alternatif lain aku sering nonton tv degan berita ter-update (kalau itu aku juga sering -_- tapi lebih ke berita kenegaraan) dan buka buku RPUL. Persiapan tersebut hanya aku lakukan sehari,besok sudah tes -.-
Saya mulai buka web dari chapter malang,ternyata saya tes di SMAN 2 Pare,waktu aku lihat list peserta hanya aku yang berasal dari SMAN 7 Kediri,untung ada tetangga dari SMAN 1 Kediri yang diwakili oleh 3 siswa. Aku mulai bingung teman se-SMA ku gak ada yang ikut mungkin karena banyak yang harus dipertimbangkan.

Hari dimana Tes Tahap 1 akan dilaksanakan!!
Jam 06.00 pagi hari banget,aku bergegas mempersiapkan diri dan juga barang-barang yang akan aku bawa.
Segera aku berangkat setengah 4 bersama keluarga. Sebenernya orang tua gak sepenuhnya dukung karena berbagai alasan,tapi aku cuma bilang hanya cari pengalaman :)
Di perjalanan aku tidur dan gakbelajar ,ahaha
Sampailah aku di lokasi,masih sepi sih -__-
Ber jam jam aku di mobil karena bingung kalau keluar gak ada temen,akhirnya aku keluar mobil dan iseng jalan jalan di smada pare,nyaman juga sekolahnya :)
Waktu aku jalan tiba-tiba ada yang manggil ...
Dia : "Segha bukan ?"
Aku : "Iya,kok tau ?
Dia : "Iyalah :) kenalkan aku *lupanamanya* (kalau gak salah dian :x)
Aku : "Oh,iya .asal sekolah mana ?"
Dian : "Sini aja,kamu smapta kan ?"
Aku ; "Iya"
Dian : "Tau lah,ahaha. Muter muter sekolahku yuk"
Aku : "Boleh."

Sambil nunggu tes dimulai aku diajak muter muter sekolah dia,sama nyari ruang buat aku tes nanti
Sampai di taman,banyak sekali orang dan aku bingung. semuanya pada berkenalan satu sama lain,sedangkan aku ?diam saja(aku gak terbiasa sama seperti ini -__-) akhirnya berbondong-bondong dari salah satu SMA untuk mengajak berkenalan denganku dan disini juga aku mulai dapat beradaptasi untuk memulai berkenalan satu sama lain. Pendaftar dari SMA lain seperti MAN 3,Ar-Risalah,SMAN 1 Gurah,SMAN 1 Papar,dan tentunya SMAN 2 Pare sebagai pendaftar terbanyak. Siswa dari Ar-Risalah mengajak untuk foto bersama sebagai kenang-kenangan. Seluruh region pare berkumpul dan foto bersama.setelah foto terdengar suara salah satu panitia yang teriak untuk segera berkumpul menjadi satu.
Di lapangan semua berkumpul,karena saya adalah kaum paling MINORITAS! jadi saya disuruh untuk memperkenalkan diri didepan teman-teman dan banyak panitia. Let Me Introduce My Self :
My name is rizky segha,can call me 'segha' and I'm from Senior High School 7 Kediri. Thanks
Setelah itu saya diperkenankan untuk kembali berdiri seperti semula saya tadi berdiri. Dilanjutkan dengan games seru abis :) Saya sudah mempunyai istilahnya teman deket lah disana walaupun gak deket,
Dia dari smada pare kebetulan laki nya hanya 2,dan kebetulan juga aku berteman baik dengan mereka ----

Jam menunjukan pukul 10.00 aku segera masuk menuju ruangan...
Muter ruangan sambil bawa nomor peserta dan mencocokan dengan bangku,ketemulah tempat duduku pojok kiri kedua dari depan
Kakak panita membagikan soal,sebelumnya saya berdoa terlebih dahulu --------- aminnn
Soal total 150 (100 pengetahuan umum dan 50 bahasa inggris) untuk yang umum aku post seingetku ya :
1. ibukota negara filipina...
2. laut merah terletak diman...
3. Topan Katrina di Amerika Serikat menerjang wilayah...
4. Simbol partai NAZI yang kini dilarang di Jerman adalah berupa...
5. GSM adalah singkatan dari...
6. Siapakah nama mahasiswa Indonesia berprestasi yang meninggal baru-baru ini di Singapura?
7. CDMA adalah singkatan dari...
8. Negara-negara yang dipimpin oleh Perdana Menteri adalah...
9. Apakah yang dimaksud "Electoral Votes"?
10. Brussels adalah Ibu Kota dari...
11. Ibu Kota negara Swedia adalah...
12. Sekjen PBB pertama dari Asia adalah...
13. Unsur yang paling banyak terdapat di bumi adalah...
14. Peraih Nobel Perdamaian tahun 2007 adalah...
15. Peuyeum adalah makanan khas dari daerah...
16. Mata air Ciliwung teletak di...
17. Nama lengkap Barrack Obama adalah...
18. Ibu Barrack Obama berasal dari...
19. Bill Gates adalah pendiri...
20. Kepanjangan dari BKKBN...
21. IPAL kepanjangan dari apa...
22. Nama PAUS saat ini...
23. Sekjen PBB pertama dari Asia...
24. Kepanjangan dari virus H1N1...

Cukup itu aja :D kalau bahasa inggrisnya gak susah susah amat kok,pelajari aja tenses,grammar nya juga harus mantaaap !!
Setelah tes tahap 1 sesi 1 berakhir,waktunya untuk ISHOMA sebentar.....
waktu istirahat aku sempet bersenda gurau dengan anak-anak dari SMA lain yang mungkin tak bakal terlupakan :x wkwkw
Sesi 2 telah dimulai,tenang aja kok hanya soal "ESSAY" / Mengarang lah :D
kakak panitia membagikan lembar kosong dan lembar satunya berisi 3 tema,kalian disuruh memilih tema salah satu dan harus dapat menjabarkan jawaban anda :) pertanyaanku dulu :
1.Jika anda menjadi gubernur di kota anda,apa yang anda lakukan ?
aku menjawab 2,5 lembar hvs bolak balik. ketika aku selesai,aku sempet curicuri pandang ke samping #kok masih pada sibuk nulis ya ? sedangkan aku udah selesai
akhirnya aku menunggu 1 anak untuk mengumpulkan terlebih dahulu,baru saya mengumpulkan :)
keluar ruangan dan pulaaaang :) selamat menunggu hasilnya ------
berminggu-minggu aku nunggu hasilnya dan setiap hari selalu ng-stalking twitter YBA MALANG ,dan saat itu juga tibatiba disitu udh update siapa aja yang lolos.aku mulai dredek di otak ku udh kebayang mungkin gak lolos,pesaingnya banyak oy!!
ketika aku buka linknya ,bismillaah








 





Alhamdulillah :)
Bertemu lagi di tes tahap II 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar