- See more at: http://bumi-informasi.blogspot.com/2013/01/cara-membuat-read-more-pada-blog.html#sthash.BL7PBig5.dpuf

Kamis, 21 November 2013

Tes Tahap II AFS/YES PROGRAM BINA ANTAR BUDAYA


woy para bloggers (?)
kali ini aku akan share pengalamanku sebelum dan hari H tes tahap II AFS/YES...

setelah aku tau pengumuman tahap I lewat media online,ternyata region pare (saya) dicampur dengan beberapa region yaitu jombang,blitar dan probolinggo. jadi dari 400-an pendaftar diambil 66 untuk next ke tahap II.
untuk persiapan ke tahap II,saya mulai browsing di berbagai blog yang juga membeberkan pengalamanya di internet.jadi saya bisa tau di tahap II itu ngapain aja ?
browsinggg--- dan ternyata di tahap II itu kita ada 2 Tes :
1. Tes Kepribadian
2. Interview Bahasa Inggris


setelah aku tau itu,langsung menghubungi guru bahasa inggrisku dan berkonsultasi :)
untuk tes kepribadian gak perlu ribet,yang penting jawab se jujur-jujurnya jangan bohong dengan kenyataan yang ada,karena kita akan didesak.jadi kalau tidak bener dengan fakta penguji akan tau kita bohong apa gak :)

tes dilaksanakan di ABM (Akademi Bank Malang) seperti suatu universitas.
berangkat pagi hari jam 03.00 harus perjuangan ya :) dan sampai malang istirahat sejenak di apart kakak deketnya UB.waktu menunjukan pukul 09.00 aku segera menuju lokasi.
Pagi ABM :)



Sampai lokasi aku bingung karena dari regionku pare hanya beberapa yang lolos jadi agak sedikit aneh dengan wajah wajahnya ,wkwk
aku menunggu di lantai bawah gedung untuk tes,sambil menunggu gak jelas aku telp temen sesama dari region pare yang juga lolos ke tahap II
beberapa jam telah lewat,akhirnya pun kakak panitia datang dan langsung memenuhi gedung abm untuk verifikasi data.aku pun menyelesaikan verifikasi dan menuju ruang tes...
di ruang tes aku dapat 2 temen lagi yang 1 dari SMKN Probolinggo,satunya dari mana lupa :D
di ruang tunggu tes,kakak panitia mengisi game  sambil menunggu giliran untuk dipanggil dan menuju ruang tes.
game nya lumayan seru yaitu menghafal nama temen yang ada di ruangku,ada sekitar 20-an dan disuruh menghafal dalam jangka waktu kurang dari 5 menit. akhirnya aku bergegas dari bangku dan segera muter ruangan untuk tanya nama satu persatu (kepo ya,ahaha) gakpapalah sekalian untuk mempererat tali persaudaraan.disini tujuanku juga untuk mencari teman sebanyak banyaknya.tujuan di afs/yes pun juga itu yaitu memperkenalkan budaya indonesia,menjelaskan atau membenarkan ISLAM dimata dunia terutama U.S.A yang menganggap islam itu terorisme.jadi jika kita harus pintar bercakap,dimulai dari hal sekecil ini :)
setelah waktu habis untuk hafalan nama temen,kak haris (panitia/volunteer) segera memulai game nya.
giliran aku yang ditunjuk kak haris untuk menyebutkan nama seruangan dan menunjuk orangnya sesuai dengan nama yang disebutkan,aku sudah menyebutkan 10-an ada satu anak yang kebetulan aku lupa namanya,akhirnya dihukum gombalin kak haris -___- HAHA
aku gak bisa gombal dan berakhir pada -- dituntun sama temen untuk gombal ,wkwkw
aku ; kak tau gak kenapa kalau ada air pasti ada api ?
k.haris : mm,gak.apa emang ?
aku : kayak kita berdua kalau ada kakak pasti ada aku (eaaaa,ngakak)
spontan seruangan pada ketawa,gakpapa buat seru seruan aja :D

beberapa menit temen temen pada ngilang satu persatu,beberapa menit berlalu akhirnya nomor pesertaku dipanggil juga.aku segera keluar ruangan dan menuju ruang pojok dimana depan ruang sudah ada 2kakak panitia yang duduk dan 2orang pendaftar (tak tau dari sma mana -_-) pertama tes interview bahasa inggris dulu.
2 temen udah dipanggil dan giliran aku masuk ruangan,bismillah :)
aku : afternoon (berjabat tangan)
interview : siang,bagaimana perasaanmu sekarang ? (bahasa inggris ya -_-)
aku : sangat baik,tapi sedikit lapar :p
interview : belum makan ?pihak konsumsi belum ngasih ya ?
aku : iya mungkin,masih lama ya pak makan nya ? ahha
interview : ya nanti saya kasih tau konsumsi,untuk kamu 2 kotak ya ?wwkk
aku  : ha ?oke pak ,hehe
lalu mulai membahasa tentang kehidupan sehari hariku,dari
- hobi
hobiku nonton berita yang berhubungan dengan kenegaraan jadi ditanya berita apa yang terbaru ?dengan cepat aku jawab : korupsi hambalang yang sekarang masih ribet -_-
mulai ditanya itu kenapa kejadianya dan siapa penggerak dari semua ini ? *pokok di tanya sampai mendalam sedalam dalamnya ----
- sekolah
ikut ekstra apa?pernah juara ?pengalamanya ?
karena aku ikut ekstra paduan suara jadi aku disuruh nyanyi waktu itu -_-
akhirnya aku nyanyi dari standup for love karena lagi booming nya disekolah,habis perpisahan kelas XII dimana temenku ada yang menyanyikan itu dengan sangat keren sekali :D
- keluarga
kakak,adik sekolah dimana,kelas berapa.terus lebih deket ke kakak siapa ?dst -------
- citacita
ahli nuklir ,interview tanya : selain itu ?
ingin dibidang politik,terus ditanya tokoh siapa kesukaanmu ?mengapa suka dengan tokoh itu ?dst --
aku ngelirik sebelah yang sebelumnya masuk tes sama aku tapi beda peng-interview udah pada keluar ruangan sejak tadi,aku ?ada setengah jam lebih,padahal waktu cuma 15 menit an..
waktu itu gak ada perasaan bingung karena buat fun aja sama pe-interview nya ,sempet aku bingung mengolah kata katanya agar bisa ditranslate inggris dengan baik dan benar tapi sama peng-interview : jangan bingung,dicampur bahasa kamu sendiri aja gakpapa :)
denger itu aku langsung gak bingung sama sekali .....
waktu telah berjalan dan akhirnya tes ku selesai,jangan lupa salam,jabat tangan,dan senyum *jangan lupa

intinya take it easy and fun :)
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
keluar ruangan dan menuju masjid untuk sholat zuhur sejenak
setelah sholat menuju ruang tunggu seperti tadi dan dibagikanlah konsumsi .hehe,semua pada makan dan bersiap siap untuk tes selanjutnya yaitu tes kepribadian
berjam jam menunggu akhirnya giliranku masuk ke ruang tes
seperti tadi jangan lupa senyum,sapa dan salam ke peng-interview/tes
disini lebih nyaman,luwes dan lebih seneng karena bahasa yang digunakan adalah bahasa kita sendiri jadi lebih akrab :)
hampir semua yang ditanyakan sama seperti interview bahasa inggris,cuma disini lebih pribadi jadi kalau mau curhat gakpapa,freee :D
anggap kakak yang nge tes kita itu temen kita sendiri,jadi ke-akraban itu perlu
ngakak,canda,tawa,sedih bareng di ruang tes
kurang lebih 40 menit aku baru bisa keluar ruangan
kakak panitia diluar ruangan sudah ramai dengan jualan kaos yang ber label AFS
untuk kenang-kenangan aku membeli beberapa kaos,karena ini hanya bisa dibeli kalau kita lolos seleksi tahap I,lumayan langka xD
setelah tes,aku sholat ashar dulu.waktu perjalanaaan ketemu sama temen temen region pare ngobrol dikit sambil ke masjid :) setelah sholat temen temen pada kembali ke ruangan (belum tes kepribadian) nah aku ?udah tes sendiri,jadi aku langsung pulaang .
nunggu pengumuman lamaaa ,minggu pertama twitter gak ada kabar.kedua juga gak ada kabar
sekitar sebulanan baru ada kabar akhirnya -------------------------
aku lolos ke tahap selanjutnya :) bersyukur iya,tapi ortu agak sedikit bingung soalnya kalau sampai lolos sampai akhir mungkin aku gak boleh diberangkatin :| 

seeyounexttime :)

sebelumnya aku ada tips nih untuk kalian yang akan tes tahap II AFS/YES :

- tenangkan pikiran
- jangan gerogi
- pikirkan sesuatu yang buat kamu bisa ketawa/senyum sendiri
- rileks
- jika gaktau maksudnya ,jawab aja dengan bahasa indonesia gakpapa tapi jangan terus terusan :)
- jawab sejujur-jujurnya dengan fakta
- selipkan canda tawa dengan peng-interview
- usahakan sebelum dan sesudah interview gunakan sapa,salam,senyum dan berjabat tangan dengan sopan dengan peng-interview
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar